Jenis Tanaman Bunga Hias yang Cantik Depan Rumah



Memiliki rumah yang indah, nyaman, dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Terlebih lagi, bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan polusi yang cukup banyak, membuat Anda harus mengakali tempat tinggal agar terlihat asri dan hijau. Salah satunya adalah dengan menempatkan tanaman atau bunga hias sebagai unsur hijau di beberapa sudut rumah.

Setelah seharian disibukkan oleh aktivitas yang menyita pikiran dan tenaga, tentu menikmati tanaman segar di rumah akan menjadi aktivitas yang menyegarkan pikiran, sebelum Anda bisa liburan. Namun demikian, tidak semua jenis tanaman bisa dijadikan bahan dekorasi yang ditempatkan di dalam ruangan, lho. Anda perlu mengetahui dan memilah-milai, serta mengetahui manfaat tanaman hias yang akan dipilih untuk diletakkan di dalam rumah.

Karakter tanaman yang baik dan paling pas untuk dijadikan hiasan di dalam rumah adalah yang memiliki batang lunak, jumlah daun yang cukup banyak, dan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Lantas, jenis tanaman apa sajakah yang cantik untuk dijadikan hiasan di dalam rumah? Berikut ini kami punya rekomendasinya untuk Anda.

1.  Anggrek

Anggrek dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang sangat indah dan banyak jenisnya. Karena keindahan dan banyaknya jenis yang dimilikinya, menjadikan tanaman ini termasuk ke dalam tanaman mahal. Namun, harganya tidak sebanding dengan segarnya pikiran Anda saat melihat bunga indah ini. Apalagi, tangkainya yang panjang akan membuat tanaman anggrek semakin terlihat begitu anggun.

Jika memilih anggrek sebagai tanaman hias, Anda perlu mengetahui betul perawatannya, karena jika ditaruh di dalam ruangan, perawatannya memang cukup sulit dan butuh biaya tinggi. Oleh karenanya, Anda perlu mempersiapkan uang lebih untuk memajang Anggrek di rumah.

2.  Peace Lily

Sekilas, tanaman ini memang mirip dengan bunga lili. Tapi, jangan sampai Anda terkecoh, karena peace lily berbeda spesies dengan bunga lili. Lili dan peace lily adalah tanaman dari ordo yang berbeda. Secara bentuk pun, kedua tanaman ini memiliki bunga dan daun yang berbeda. Anda dapat dengan mudah membedakan antara kedua tanaman ini, jika sudah tahu bentuknya.

Keunikan peacelily adalah bisa tetap berbunga walau berada di dalam ruangan. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik, meski berada di tempat yang kekurangan cahaya. Selain itu, peace Lily memiliki kemampuan sebagai pembersih ruangan dari zat VOCS yang dikeluarkan oleh produk cat tembok rumah.

3.  Monstera

Anak muda tentu tahu tanaman yang tengah hits di Indonesia belakangan ini. Tanaman monstera sejatinya memiliki sekitar 50 spesies, tetapi yang paling dikenal adalah jenis monstera deliciosa atau Swiss cheese plant. Bahkan, saking hitsnya banyak yang memajang tanaman ini dalam bentuk artificial.

Monstera menjadi begitu diminati karena bentuknya yang memang sangat unik dan cocok dipadukan dengan konsep ruangan seperti apa saja. Terlebih lagi, monster merupakan tanaman yang bisa diletakkan di tempat gelap, tanpa sinar matahari langsung. Tanaman hias ini juga tidak terlalu suka dengan air, karenanya perawatannya agak berbeda dengan tanaman lainnya, yaitu siram tanah hanya pada saat kondisinya betul-betul kering.

4.  Snake Plant

Anda yang tidak terlalu fanatik dengan tanaman, mungkin agak asing mendengar nama tanaman ini. Bukan, ini bukan tanaman untuk mengusir ular, melainkan karena bentuknya yang panjang dan meliuk-liu seperti ular. Di Indonesia, tanaman ini biasa dikenal dengan sebutan lidah mertua. Cukup unik memang.

Snake plant atau lidah mertua cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah, karena tanaman ini dapat tumbuh subur, meski dalam kondisi sedikit air dan minim cahaya matahari. Ciri fisik tanaman ini yang keras, panjang, sukulen, tegak, dan ujung yang meruncing, membuatnya sangat cocok ditempatkan dipojok ruangan di dalam rumah Anda untuk mempercantik dekorasi ruang.

5.  Kaktus

Pesona kaktus seakan tak pernah pudar, baik jenis kaktus mini maupun kaktus bunga. Di Indonesia, banyak yang memanfaatkan kaktus sebagai tanaman hias di dalam ruangan dan di luar ruangan. Sebab, kaktus mampu beradaptasi di iklim panas dengan curah hujan yang amat minim sekalipun. Perawatan kaktus juga tidak begitu sulit, karena kaktus dapat bertahan hidup di dalam ruangan dan tidak membutuhkan terlalu banyak air dalam waktu yang cukup lama. Jadi, tanaan ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman hias.

6.  Lavender

Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan indah yang wanginya sering dimanfaatkan berbagai pengharum ruangan ini? Yap, lavender merupakan tanaman cantik berwarna ungu muda yang dikenal sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Selain karena kemampuannya mengeluarkan aroma yang bisa membuat tubuh rileks, lavender juga merupakan tanaman yang dikenal mampu mengusir serangga, terutama nyamuk. Jadi, jangan ragu lagi untuk meletakkan lavender di dalam rumah Anda ya!

7.  Spider Plant

Spider plant atau lili paris termasuk dalam spesies tanaman berbunga abadi. Disebut spider plant atau tanaman laba-laba, karena jumlah daunnya yang sangat banyak hingga pertumbuhannya sampai menjuntai ke bawah, sangat mirip dengan bentuk tubuh laba-laba. Karena bentuknya yang unik ini, banyak orang yang menempatkannya di dalam atau di teras rumah sebaga dekorasi.

Tanaman ini juga masih menjadi favorit para pecinta tanaman hias, karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Satu di antara sekian banyak manfaatnya adalah memiliki kemampuan untuk menyerap racun dalam ruangan hingga 90% banyaknya. Sehingga, tanaman ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah untuk menetralisasi udara di dalam rumah.

8.  Dried Flower

Dired flower atau bunga kering kini tengah menjadi tren dalam dekorasi, khususnya dekorasi acara pernikahan. Dried flower sejatinya adalah bunga hidup yang diproses, sehingga menjadi bunga kering yang masih utuh bentuknya selayaknya bunga yang masih segar. Hanya saja, warna bunga kering akan berubah dari warna bunganya saat segar. Namun, justru warna seperti inilah yang tengah menjadi tren, terutama mereka yang menyukai gaya rustic atau minalis vintage.

Meski lebih sering digunakan sebagai dekorasi acara pernikahan atau perayaan-perayaan lainnya, bunga kering sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Warnanya yang tidak terlalu merekah seperti ketika masih segar, membuatnya memiliki kesan unik tersendiri. Anda bisa memilih beberapa jenis bunga kering untuk menghasilkan dekorasi indah, seperti pampas, camellia, hingga lagurus.


Menempatkan tanaman di dalam rumah dengan jenis yang tepat dan memiliki manfaat seperti yang kami rekomendasikan, memang sangat dianjurkan. Namun, meski menempatkan tanaman-tanaman ini di dalam ruangan, sesekali anda perlu mengeluarkannya agar terkena sinar matahari langsung agar tanaman-tanaman hias Anda bisa bertahan hidup lebih lama. Sebagai tambahan agar rumah tampak lebih asri, Anda juga bisa menambahkan bunga hias gantung di teras rumah.


Belum ada Komentar untuk "Jenis Tanaman Bunga Hias yang Cantik Depan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel